Rahasia Hidup Produktif dan Matang: Menikah Muda

Jumat, 15 Agustus 2014

IMG-20140818-WA0000

Bandung– Di tengah urusan persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pilpres, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyempatkan diri mengisi ceramah nikah, Jumat (15/8), di Bale Asri Pusdai, Bandung. Acara tersebut merupakan pernikahan antara Muthiah Saidatul Jannah dan Mush’ab Abdurahman Robbani–keduanya adalah anggota Garuda Keadilan, organisasi pengkaderan pemuda PKS.
“Islam berkembang hingga pemeluknya mencapai dua miliar, selain karena jihad, juga karena pernikahan,” ujar Anis.
Sebagaimana isi salah satu hadits Nabi Saw, yang menganjurkan menikah muda, Anis mengakui, menikah muda mendorong pelakunya lebih produktif dan lebih cepat matang jiwanya. Usia muda yang penuh dengan rasa ingin tahu, dan ingin banyak mencoba hal-hal baru, akan diimbangi dengan rasa tanggung jawab yang muncul saat menjalankan rumah tangga. Dengan demikian, kata Anis, pelaku menikah muda akan terhindar dari perilaku-perilaku salah yang didorong gejolak muda.
“Jangan takut dengan tanggung jawab yang akan kalian pikul, karena justru tanggung jawab inilah yang akan membuat kalian lebih dewasa,” pesan Anis kepada kedua mempelai.
Kemudian, Anis juga berpesan, agar keduanya mempelajari ilmu fundamental tentang rumah tangga. Ilmu ini, menurut Anis, sangat sederhana, namun butuh keberanian untuk menjalaninya.
“Jalani apa adanya, insya Allah, Allah akan memberi ilmu-Nya,” kata Anis.
Muthiah adalah putri pasangan Haris Yuliana dan Rita Rahmawati. Haris Yuliana merupakan kader PKS yang periode ini terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Barat, dari dapil Kabupaten Bandung. Adapun Mush’ab adalah putra pasangan Muhammad Sofyan dan Yuni Darmawati.
Anis yakin, penyatuan keduanya dalam pernikahan akan membawa banyak manfaat dan kebaikan untuk umat.
“Sebelum menikah, mereka berdua sudah ada di lingkungan yang sama, sehingga insya Allah faktor penguatnya akan lebih banyak,” tutur Anis (MFS) (dnh)

Profil

Muhammad Anis Matta lahir di Welado, Bone, Sulawesi Selatan, 7 Desember 1968. Ia adalah salah satu pendiri Partai Keadilan yang dideklarasikan di Jakarta, 20.

Sisi Lain

anis matta diskusi di Malaysia