Anis Matta Sampaikan Definisi Politik dan Koalisi Islam dalam Konvensi Maqashid Syari’ah

Minggu, 25 Oktober 2015

anis matta malaysia

Malaysia (25/10) – Anis Matta hadir memenuhi undangan sebagai salah satu pembicara dalam Konvensi Maqashid Syari’ah (KMS) yang digelar oleh IKRAM Malaysia di IDCC Shah Alam, Selangor.

Dalam forum yang dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta tersebut, Anis Matta menyampaikan tentang definisi politik dan koalisi Islam menurut Maqashid Syari’ah dan relevansi nya dengan kondisi kekinian.

“Politik sebenarnya bertujuan untuk mendekatkan manusia pada kebenaran dan menciptakan sirkulasi sedemikian rupa untuk mencegah keburukan,” katanya membuka penyampaian materi dihadapan peserta.

Anis melanjutkan bahwa meskipun dari segi tujuan sangat sederhana, namun pada prosesnya penuh dengan konflik.

“Dari aspek tujuan, politik berorientasi pada perubahan namun dari aspek proses, politik sepenuhnya adalah konflik. Karena itu, dua hal yang wajib dikuasai oleh politisi ialah manajemen perubahan dan manajemen konflik. Tidak boleh hanya salah satu,” lanjutnya sambil menegaskan bahwa mayoritas benturan dialami oleh mereka yang baru masuk ke ranah politik disebabkan oleh kesalahan persepsi yang menganggap politik hanya berorientasi pada tujuan tanpa memikirkan prosesnya.

Bicara tentang koalisi dalam Islam, Anis Matta menuturkan bahwa untuk menciptakan perubahan, aktivis-aktivis Muslim memang harus bergabung dalam sistem politik dan mengintegrasikan diri dengan negara.

“Cari kawan sebanyak-banyaknya untuk mendatangkan kebaikan dan menghalau keburukan bagi negara, itulah inti dari koalisi dalam Islam,” pungkasnya.